Dialog Islam dan Barat


aksi-as.jpgaksi-as.jpgaksi-as.jpgaksi-as.jpgaksi-as.jpgDepok, Kompas – Islam dan dunia Barat punya andil yang sama atas terjadinya benturan peradaban atau berhasilnya dialog. Untuk dialog, dibutuhkan keterbukaan dari masing-masing pihak menerima perbedaan. Sebab, tak ada hak bagi Barat memaksa Islam menerima sesuatu dari pengalaman Barat, begitu juga sebaliknya.  Hal ini disampaikan guru besar Universitas Padjajaran Prof Dr Jalaluddin Rachmat dalam Seminar Islam dan Barat: Membangun Peradaban Dialog di Kampus Universitas Indonesia Depok, Kamis (23/3). “Baik Islam maupun Barat tidak tunggal. Masing-masing punya kelompok yang bisa berdialog dan juga punya kelompok yang fundamentalis,” ujarnya.

Menurut Jalaluddin, keinginan sebagian kelompok Islam menggantikan sistem kapitalisme dengan syariat Islam sebagai langkah untuk mempertahankan superioritas. Sikap seperti ini tentu saja tidak akan mendukung terjadinya dialog. “Padahal Allah mengingatkan bahwa kalau mau bisa membuat seluruh manusia jadi Islam. Tetapi, itu tak dilakukan karena memang menginginkan adanya perbedaan manusia,” ujarnya.  Farid Wadjdi dari Hizbut Tahrir Indonesia mengatakan, perhatian utama HT pada usaha membebaskan manusia dari kekejaman kapitalisme global. Kerusakan yang ditimbulkan kapitalisme global ini harus dihentikan dan digantikan dengan ideologi Islam yang kaffah dalam sistem khilafiah. “Jadi, Hizbut Tahrir memberikan solusi atas ketertindasan manusia oleh cengkeraman kapitalisme. Tak benar kalau HT antiorang Barat, yang benar antipenindasan dan ideologi global,” ujarnya. 

 Zuhairi Misrawi, yang juga menjadi pembicara dalam seminar, mengatakan, benturan peradaban Islam dan Barat sama- sama disebabkan kesalahpahaman. Paling tidak ada tiga hal yang menyebabkan terjadinya kesalahpahaman. Pertama, latar belakang sejarah perang salib. Kedua, kondisi psikologi akibat memahami teologis masing-masing secara parsial. Ketiga, kondisi politik ekonomi. (Kompas online : Senin, 27 Maret 2006 )   

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: