Elite Politik Harus Pikirkan Rakyat


images2.jpgJakarta, Kompas – Elite bangsa ini sering kali lebih melayani kepentingan asing dan negara maju ketimbang bekerja untuk menyejahterakan warga negaranya. Padahal, rakyat membutuhkan perlindungan negara. Rakyat sering kali terus dikorbankan. ”Elite harusnya memikirkan rakyat. Jika elite tidak peduli kepada rakyatnya, sudah sepantasnya jika rakyat mengharapkan adanya pemerintahan yang lebih adil, misalnya pemerintahan khilafah,” ujar Farid Wadji dari Hizbut Tahrir di Jakarta dalam diskusi rutin Forum Kajian Sosial Kemasyarakatan Ke-36 di Jakarta, Senin (17/3).

”Khilafah menawarkan pemerintahan seperti dicontohkan pada masa Nabi Muhammad SAW,” ujar Farid Wadji.

”Betapa sedihnya kalau melihat sumber daya alam bangsa ini yang melimpah ruah, tetapi sudah dikuasai asing. Rakyat bangsa ini semakin miskin,” ujar Farid Wadji.

Sebelumnya, mantan pengurus YLBHI, Munarman, mengatakan, dalam konteks global, Indonesia sering kali hanya dimanfaatkan sebagai pasar. Banyak perusahaan internasional mempunyai kepanjangan tangannya di Indonesia.

”Elitenya sering kali ikut menjadi bagian dari kepanjangan tangan perusahaan internasional dan melupakan rakyat,” ujarnya.

Secara terpisah, dalam diskusi rutin Masyarakat Profesional Madani (MPM), Koordinator MPM Ismed Hasan Putro mengatakan, konstruksi kebangsaan yang kokoh akan sulit dibangun jika para elite belum bisa dewasa dan tidak elegan dalam berpolitik.

”Sikap saling menyalahkan saat rakyat sedang menderita dan terdera kesulitan ekonomi bukanlah contoh langkah politik yang bijak dan matang,” kata- nya. (MAM)

Sumber: http://www.kompas.co.id/kompascetak

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: