Muslim Terdidik Rumania Menarik Hati Masyarakat


Keberadaan para Dokter, insinyur dan profesional muslim lainnya telah menarik hati banyak orang Rumania untuk memeluk Islam.

KAIRO – Para dokter, insinyur dan profesional muslim telah  membuat sebagian besar orang-orang yang memeluk Islam di Rumania, di mana minoritas Muslim sudah menikmati hak-hak penuh. “Mayoritas Muslim Rumania dari elite berpendidikan,” ujar Bari Nardeen, Ketua  Pemuda Muslim Association of Rumania, mengatakan kepada IslamOnline.net melalui telepon dari Bucharest. “Mereka adalah para dokter, insinyur, guru, profesional dan pedagang.” Tambah Nardeen.

Nardeen, yang berasal dari Tatar, membagi muslim Rumania menjadi tiga katagori :
“Ada penduduk setempat yang berasal dari Tatar, Turki, Albania Gipsi,” jelasnya, seraya menambahkan nenek moyang mereka datang ke Rumania bersamaan dengan kehadiran Khilafah Ustmaniyah (Ottoman) di abad ke-12. Yang Lain berasal dari Arab dan negeri muslim lainnya terutama dari Suriah dan Turki. “Mereka datang ke Rumania saat pemerintahan Komunis namun mereka mendapat kewarganegaraan setelah runtuhnya komunis  pada tahun 1989,” kata Nardeen.

Kategori ketiga, adalah gelombang muslim baru .”Banyak  penduduk pribumi memeluk agama Islam sejak runtuhnya pemerintahan Komunis. Mereka termasuk  wanita yang memeluk Islam  setelah menikah dengan pria muslim.”

Tidak ada angka resmi mengenai jumlah Muslim di Rumania, sebuah negara yang memiliki populasi 22 juta. Namun  organisasi-organisasi Muslim memperkirakan jumlah beberapa 100.000.

Islam Agama Resmi

Islam adalah agama resmi  yang diakui di Rumania. “Pemerintah telah mengakui 18 agama, termasuk Islam,” kata Nardeen, Ketua Asosiasi Pemuda Muslim Rumania. Dia menyatakan pengakuan resmi Islam telah membantu Rumania Muslim menikmati hak penuh mereka. “Umat Muslim bisa membangun masjid dan sewa ruang untuk konferensi dan forum tanpa ada hambatan ,” tegasnya.

“Di sekolah Dasar dan lanjutan juga ditawarkan pelajaran wajib mingguan tentang Islam bagi mahasiswa Muslim.” Terdapat juga lembaga yang disebut Ifta House. Nardeen mengatakan ifta House adalah sebuah lembaga resmi di Rumania. “Gaji  para karyawan Rumah ifta dibayar oleh pemerintah,” tambahnya.

“Jabatan Mufti adalah sama dengan seorang menteri. Dia berbicara atas nama muslim dihadapan pemerintah .” Namun Nardeen juga mengatakan muslim Rumania masih menghadapi banyak tantangan. “Salah satu masalah terbesar adalah kelangkaan kader berkualitas dan kurangnya dana untuk proyek-proyek kami.” (Hany Salah, Koresponden IOL , 9/03)

Box : Sejarah Panjang Rumania dengan Khilafah

Pemeluk Islam di Rumania diperkiraaan sekitar 0,3 persen dari populasi, namun Islam memiliki secara tradisi telah berhubungan dengan Rumania selama 700 tahun di wilayah Dobruja Utara, sebuah wilayah di pesisir Laut Hitam yang merupakan bagian dari Kekaisaran Ottoman selama hampir lima abad (ca. 1420-1878).

Saat ini sebagian besar muslim berasal dari etnis Tatar dan Turki yang menganut doktrin Sunni. Berdasarkan tradisi, Islam pertama kali didirikan secara lokal oleh pemimpin sufi Sari Saltik di  zaman Bizantium. Kehadiran Islam di Northern Dobruja tidak bisa dilepaskan dari perluasan dakwah yang dilukakan Khilafah Utsmani saat itu. Dobruja Utara kemudian menjadi bagian dari Romania setelah Perang Rusia-Turki dari 1877-1878, namun masyarakatnya diberik status otonom. Hal ini berubah selama rezim komunis, Muslim Rumania Muslim harus tunduk dan dibawah pengawasan negara.Runtuhnya Komunisme pada Revolusi Rumania tahun 1989 kembali membawa angin segar bagi Muslim Rumania. Kepentingan umat Islam  diwakili oleh Muftiyat (Muftiyatul Cultului Musulman din România).

Terdapat hubungan Khilafah Utsmaniyah dengan pangeran-pangeran lokal. Berdasarkan historiografi Rumania terdapat perjanjian-perjanjian bilateral dengan Porte. Secara tradisional, terdapat dokumen-dokumen Usmani Wallachia dan Moldavia yang merupakan keputusan sepihak yang dikeluarkan oleh Sultan. Kerajaan itu dianggap oleh  Utsmani sebagai warga Dar Al Ahd “(” Home of Peace )(http://en.wikipedia.org/wiki/Islam_in_Romania)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: