Lintas Manca Negara


Sumber Intelejen Israel Ungkap Hubungan Rahasia AS dan Iran

Setelah pembocoran akhir-akhir ini oleh situs Wikileaks terkait dokumen-dokumen rahasia agresi Amerika terhadap Irak, situs berita “Debka” yang memiliki kedekatan dengan Mossad (Israel) mengomentarinya dengan mengatakan: “Dokumen-dokumen itu menegaskan keterlibatan Washington dalam mendukung Iran. Dan di sana ada konspirasi antara kedua pihak untuk memperkuat posisi Iran di kawasan itu.” Situs tersebut mempertanyakan alasan Amerika menggulingkan rezim Saddam Hussein yang memusuhi Iran, lalu menggantinya dengan Nuri al-Maliki yang begitu loyal terhadap Iran. Akhirnya, situs berita “Debka” menyimpulkan dengan mengatakan, bahwa “Amerika bertanggung jawab karena membiarkan Iran mendominasi, tidak hanya di jalan-jalan saja, namun dominasinya hingga mencapai pantai Laut Tengah, melalui Suriah dan Lebanon.”

Tren Baru di Kalangan Wanita Terpelajar Inggris: Menjadi Mualaf

Berita ipar Tony Blair yang mengumumkan konversi keyakinannya menjadi Muslim akhir pekan lalu membuka banyak cerita tentang para mualaf di Inggris. Harian Daily Mail menurunkan topik tak biasa di halam depan mereka: tentang tren baru keyakinan di Inggris. Hasil temuan mereka menyebut, ada tren di kalangan perempuan terpelajar di Inggris — sebagian besar adalah wanita karier — yang memilih Islam sebagai keyakinan baru mereka.Banyak perempuan mualaf di Inggris juga mengganti  agamanya karena tertarik dengan kehangatan hubungan di antara sesama Muslim. “Banyak orang, dari semua lapisan masyarakat, meratapi hilangnya tradisi menghargai  orang tua dan perempuan, misalnya. Ini adalah nilai-nilai yang termuat dalam Quran, yang umat Islam harus hidup dengannya,”  Kata Sosiolog Inggris Kevin  Brice.

Israel Bantu Logistik Gerakan Separatis Darfur

Surat kabar “at-Tayyar”, edisi (427), Selasa, 26 Oktober 2010 mempublikasikan berita berjudul: “Intelijen Israel Mengaku Bantu Gerakan Darfur.” Jenderal Amos Yadlin yang baru saja diganti  mengungkap keberhasilan intelijen militer Israel dalam mengorganisir jalur pengiriman senjata kepada kelompok separatis di Sudan Selatan, serta melakukan pelatihan terhadap mereka. Ia menambahkan: “Sekarang, kami sedang mengontrol pengorganisasian gerakan rakyat di sana. Bahkan kami telah membentuk  aparat intelijen keamanan yang mampu melindungi mereka, dan mensukseskan rencana mereka untuk mendirikan negara yang memiliki peran aktif di wilayah ini.”Sementara itu, Hizbut Tahrir wilayah Sudan menyeru rakyat Sudan untuk menolak referendum  pembentukan institusi Yahudi di Sudan Selatan.

AS Akan Perkuat Operasi CIA di Pakistan

Surat kabar The Wall Street Journal pada hari Jumat (22/10) mengatakan bahwa Amerika Serikat sedang berupaya untuk memperkuat kehadiran Badan Intelejen Pusat Amerika (CIA) guna menghilangkan kantong aktivis militan Islam di dekat perbatasan dengan Afghanistan.Surat kabar itu menambahkan dengan mengutip dari pejabat senior bahwa pemerintah Presiden Barack Obama telah meminta dalam beberapa pekan terakhir dari Pakistan agar mengizinkan sejumlah besar perwira CIA, dan para pelatih operasi militer khusus untuk memasuki negara itu, dalam rangka meningkatkan tekanan terhadap aktivis militan Islam.Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton mengumumkan pada hari Jumat (22/10) bahwa pemerintah AS akan meminta Kongres agar menyetujui bantuan militer untuk Pakistan periode 2012-2016 sebesar dua miliar dolar setelah berakhirnya bantuan sebelumnya, yang berlangsung selama lima tahun. Dengan demikian, Pakistan merupakan salah satu negara utama yang menerima bantuan luar negeri militer AS setelah Israel dan Mesir. (FW dari berbagai sumber)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: