Lintas Manca Negara


Utang Amerika Kian Menggunung

Radio Rusia dalam laporannya Selasa menyebut Amerika Serikat (AS) sebagai negara dengan utang terbanyak. Utang itu katanya, semakin hari semakin menggunung. Beberapa waktu lalu, Departemen Keuangan AS dalam laporannya menyatakan, sejak Barack Obama memasuki Gedung Putih dua tahun lalu, jumlah utang pemerintah bertambah 3 triliun USD. Diperkirakan, ketika Obama merampungkan masa tugasnya tahun 2012 nanti, utang AS akan ketambahan lebih dari lima triliun USD. Padahal, George W Bush selama delapan tahun masa jabatannya sebagai Presiden ‘hanya’ membebankan 4 triliun USD lebih besar pada utang AS.

Laporan Departemen Keuangan AS menyebutkan bahwa utang yang ditanggung pemerintah AS saat ini sudah melampaui angka 13 triliun USD. Di akhir masa kepresidenan Obama tahun 2012, utang ini akan meningkat menjadi 16 triliun. Jumlah sebesar itu lebih tinggi seratus persen dibanding total produksi nasional bruto AS. November tahun lalu, data resmi departemen Keuangan menunjukkan bahwa utang pemerintah AS saat itu sudah melampaui angka 12 triliun dolar. (republika.co.id, 11/11/2010)

Amerika Isyaratkan Pasukan Pendudukan Tetap di Irak

Menteri Pertahanan AS, Robert Gates mengisyaratkan tentang kemungkinan memperpanjang batas waktu penarikan pasukan pendudukan Amerika dari Irak sampai akhir 2011.Gates mengatakan bahwa dalam hal hubungan strategis untuk masa depan setelah akhir tahun 2011, maka inisiatifnya jelas harus datang dari Irak. Dikatakan bahwa Amerika Serikat terbuka untuk membahas masalah ini.

Sementara perjanjian keamanan yang ditandatangani antara pemerintah di Baghdad dan Washington mengharuskan penarikan semua pasukan pendudukan dari Irak pada akhir tahun 2011. Namun para pejabat dari kedua negara mengusulkan agar misi kecil Amerika tetap berlangsung setelah tanggal penarikan pasukan ini untuk memberikan dukungan udara dan bantuan militer lainnya (islamtoday.net, 9/11/2010).

AS Janjikan Dukungan Penuh untuk Israel

Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, Minggu (7/11/2010), mengatakan kepada kelompok-kelompok Yahudi bahwa AS di bawah pemerintahan Barack Obama tetap merupakan sekutu tak tergoyahkan bagi Israel.Sebelum menyampaikan pidato kepada kelompok-kelompok Yahudi itu, Biden bertemu selama sekitar satu jam dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk membahas perundingan perdamaian Timur Tengah.  Pembicaraan damai antara Israel dan Palestina yang dimulai lagi awal September, terhenti pada akhir September terkait pembangunan permukiman baru Israel di Tepi Barat.

Biden mengatakan kepada sidang umum Federasi Yahudi Amerika Utara di New Orleans bahwa pemerintahan Obama di Gedung Putih mewakili rantai tak terputus dari para pemimpin Amerika yang telah memahami hubungan strategis penting antara AS dan Israel. (kompas.com, 8/11/2010)

AS Akan Memperbanyak Bantuannya Untuk Militer Zionis

Amerika Serikat berencana memperluas bantuan militernya untuk rezim Zionis hingga dua tahun mendatang, termasuk penambahan smart bom ke daftar pasokan baru. Kongres AS menyetujui tambahan sebesar 400 juta USD untuk penambahan peralatan militer bai Tel Aviv pada bulan lalu, surat kabar Ha’aretz melaporkan. Paket bantuan segar akan membawa nilai peralatan militer AS yang ditimbun di Israel menjadi sejumlah 1,2 miliar USD pada 2012.Hal ini diyakini bahwa banyak peralatan termasuk “senjata presisi” diluncurkan dari udara.

Kepala Staff Angkatan Darat Gabi Ashkenazi mengatakan pada awal pekan ini bahwa Tel Aviv membutuhkan persenjataan presisi jauh lebih banyak untuk perang masa depan.
Persetujuan antara Washington dengan Tel Aviv termasuk kondisi di mana militer Israel mungkin menggunakan apa yang secara resmi dilabeli sebagai peralatan AS.  Hal ini menimbulkan spekulasi apakah stok militer AS di Israel sebenarnya dimaksudkan untuk rezim Israel. (arrahmah.com):TMU47

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: