Lintas Mancanegara


  • AS  Kucurkan Bantuan Bagi Israel
  • Qaradhawi  : Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022 Kemenangan Umat Islam
  • Survei: Mayoritas Dukung Peran Islam dalam Politik
  • Israel-Turki Bahas Perbaikan Hubungan

Lagi, AS Kucurkan Bantuan Bagi Israel

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat meratifikasi bantuan finansial terbaru bagi sistem pertahanan rudal jarak pendek Rezim Zionis Israel. Kantor berita AFP dari Washington melaporkan bahwa bantuan finansial senilai $200 juta ini diambil dari anggaran belanja pemerintah AS. Seorang anggota DPR dari Partai Demokrat kemarin (Rabu,8/12), mengatakan keputusan ini merupakan contoh riil kerjasama antara AS dan Israel di bidang pertahanan, militer dan intelejen yang akan mempererat hubungan kedua pihak. (IRIB, 9/12/2010)

Qaradhawi  : Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022 Kemenangan Umat Islam

Pada khotbah Jum’at yang lalu, Syaikh Yusuf al-Qaradhawi berbicara tentang Piala Dunia 2022. Ia mengatakan: “Suksesnya Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 merupakan kemenangan pertama yang dicapai oleh negara Islam atas Amerika Serikat. Al-Qaradhawi tidak memperhatikan tindakan tak bermoral dan jahat yang dilakukan oleh para pemimpin Qatar mulai dari normalisasi hubungan dengan Yahudi, pertemuan dengan mereka di Doha, hingga penghamburan harta untuk hiburan serta beragam investasi di Inggris dan Eropa.Dalam hal ini, bukannya menyerukan persatuan umat dalam satu negara, penerapan syariah Allah di muka bumi, dan merealisasikan kemenangan tentara Islam atas kaum kafir musuh kaum Muslim, justru al-Qaradhawi terlibat dalam membicarakan hal-hal sepele dan tidak berguna, seperti Piala Dunia yang di dalamnya terkandung semua kejahatan kapitalisme.

Survei: Mayoritas Dukung Peran Islam dalam Politik

Mayoritas muslim di seluruh dunia memberi respon positif atas peran besar agama Islam dalam kehidupan politik sebuah negara. Kaum Muslimin di Pakistan, Mesir, Yordania dan Nigeria misalnya, menyatakan tidak keberatan jika hukum negara memberlakukan hukuman razam bagi para pelaku zina, potong tangan bagi pencuri dan hukuman mati bagi muslim yang murtad. Di Pakistan 85 persen responden mendukung pemisahan antara perempuan dan lelaki di tempat kerja.

Hal tersebut tersebut terungkap dalam survei terbaru yang dilakukan Pew Research Center. Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas muslim di Indonesia, Mesir, Nigeria dan Yordania yang paling antusias untuk memberlakukan hukum Islam di negaranya. Lebih dari 3/4 responden survei di negara-negara itu memberikan pandangan yang positif terhadap peran Islam dalam politik. Tapi di Turki, kalangan muslimnya terbagi dua antara yang setuju dan tidak setuju untuk mengikutsertakan pengaruh Islam dalam politik. Negara yang pernah menjadi pusat kekhalifahan Islam ini, dalam beberapa tahun terakhir berjuang untuk menyeimbangkan sistem sekular dengan makin meningkatnya tuntutan agar Turki juga memperhatikan syariah Islam.

Israel-Turki Bahas Perbaikan Hubungan

 

Seorang diplomat tinggi Turki, Minggu (5/12), bertemu dengan seorang pejabat Israel di Jenewa untuk membicarakan cara-cara penyelesaian krisis antara kedua negara, kata seorang pejabat kementerian luar negeri Turki.“Saya dapat memastikan, sebuah pertemuan telah berlangsung hari ini di Jenewa,” kata pejabat itu kepada AFP tanpa menyebut nama.

Dia mengatakan, wakil menteri luar negeri Turki, Feridun Sinitlioglu, telah bertemu dengan seorang wakil Israel, yang ia tidak dapat sebut namanya. Pejabat itu tidak mau memberikan rincian lebih lanjut. Pertemuan itu terjadi setelah pengiriman dua helikopter Turki untuk membantu menghadapi kebakaran hutan yang menewaskan puluhan orang di Israel utara pekan lalu. Pengiriman helikopter Turki tersebut telah meningkatkan harapan akan mencairnya krisis antara kedua negara. (FW dari berbagai sumber )

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: