Argentina Jamin Pakaian Muslimah dengan UU


Berbeda dengan negara-negara yang muslimnya minoritas, Argentina justru mengeluarkan uu yang melindungani  warganya untuk menggunakan pakaian muslimah.  UU baru yang memberikan kemerdekaan bagi warganya yang beragama Islam dalam melaksanakan ibadah tanpa rasa takut dan penekanan.

Sekretaris Presiden Argentina, Cristina Fernandez mendorong DPR setempat, untuk menghormati perempuan muslim yang mengenakan jilbab dalam kesehariannya. Merujuk pada UU baru tersebut, muslimah di  Argetina dapat mengenakan jilbab dalam foto kartu tanda penduduknya (KTP).

Direktur Islam Argentina, Samir Salech menyambut baik langkah tersebut. Ia menilai hukum tersebut dapat memungkinkan perempuan muslim Argentina tidak melepaskan jilbabnya saat akan berfoto untuk KTP-nya.

Islam di Argentina merupakan agama minoritas. Menurut salah satu laporan surat kabar di Argentina, Clerein, warga Argentina yang baru masuk Islam kini meningkat hingga 900 ribu orang. Perkiraan populasi Muslim di Argentina meningkat dari semula 700 ribu , sekarang menjadi lebih dari tiga juta penduduk. Peningkatan populasi Muslim di Argentina diakui Pusat Kajian Islam di Argentina, Centro de Estudios Islamicos. Sebuah lembaga dakwah   yang fokus pada khotbah dan studi budaya Islam di Argentina.

Keberadaan muslim di Argentina tidak bisa dilepaskan dari banyaknya muslim keturunan Moor dan Afrika yang ikut menjelajahi  Benua Amerika bersama Spanyol dan Inggris. Pada abad ke 20 terdapat migran keturunan Arab yang sebagian besar dari Suriah dan Lebanon yang masuk ke negara itu.

Diperkirakan bahwa hari ini ada sekitar 3,5 juta Argentina keturunan Arab. Sebagian besar imigran Arab Kristen dan Yahudi Sephardic. Meskipun datanya tidak akurat, lebih kurang dari seperempat dari migran Arab benar-benar muslim.

Di antara keluarga paling terkenal Arab Menem imigran, yang berasal dari Suriah .Mantan presiden Argentina, Carlos Menem, adalah salah satu keturunan Arab dari keluarga imigran Suriah. Meskipun leluhurnya adalah Muslim, ia sendiri adalah seorang Roma Katolik yang taat.

Sementara untuk beribadah, ada sebuah masjid terkenal  di St Alberti di Buenos Aires , di pusat kota, yang dibangun pada tahun 1989 oleh kaum Muslim Argentina lokal. Ada juga beberapa masjid di kota-kota lainnya dan daerah di seluruh negeri, terutama Frontier Double (daerah perbatasan sepanjang persimpangan Argentina, Brazil dan Paraguay).

Organisasi Islam Amerika Latin (Iola), berkantor pusat di Argentina, dianggap sebagai organisasi yang paling aktif di Amerika Latin dalam mempromosikan Islam. Iola sering melakukan acara untuk mempromosikan penyatuan Muslim yang tinggal di Amerika Latin, serta dakwah Islam.

Islamic Center Buenos Aires bekerjasama dengan Organisasi Dunia Islam, mengadakan program pendidikan untuk memperkenalkan sosok Nabi Muhammad kepada orang-orang Argentina. Dengan cara itu diharapkan warga Argentina mengenal sosok Rosulullah SAW.

Keberadaan Islam di Argentina juga dapat dilihat dari sejumlah nama tempat dan kota-kota di negara ini, yang menggunakan istilah-istilah yang berakar dan berasal dari bahasa umat Islam, yaitu Arab. Dr Youssef Mroueh, dalam esainya yang berjudul  Precolumbian Muslims in America mengatakan, pengaruh Arab bisa dilihat dari dua nama kota di Argentina, Cordoba dan Bahian.

Cordoba merupakan ibu kota sebuah provinsi di Argentina  , sekitar 700 km barat laut Buenos Aires.Cordoba adalah sebuah kota di kekhalifahan Islam di Spanyol . Di  barat daya ibukota Argentina ada sebuah kota yang bernama Bahia Blanca. Bahia adalah salah wilayah di Maroko yang merupakan warisan peninggalan Islam. (FW dari berbagai sumber)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: