Kemenangan Mursi , Belum Kemenangan Islam


“Kemenangan sesungguhnya adalah sampainya Islam pada kekuasaan, bukan hanya sampainya kelompok Islamis ke puncak kekuasaan.

Kemenangan Mursi disambut gembira oleh rakyat Mesir, termasuk para aktifis Islam.  Kemenangan Musri dianggap merupakan kemenangan Islam.  Hal ini wajar saja mengingat memang kaum Muslimin sudah merindukan munculnya pemimpin Islam sejati. Selama ini hampir di seluruh negeri Islam, umat diperintah oleh para diktator sekuler yang bengis atau raja-raja lalim.

Mengomentari hasil pemilihan Mesir, Dr Mahir Jabari menyatakan kemenangan Mursi bukanlah untuk kemenangan proyek Islam. Namun mencerminkan kecenderungan umat terhadap Islam dan keinginannya untuk sebuah perubahan yang sesungguhnya.

Anggota Media Informasi Hizbut Tahrir di Palestina ini mengingatkan  rezim sekuler di Mesir masih berkuasa dan eksis. Menurutnya, selama sistemnya masih sekuler, yang terjadi barulah kemenangan yang mengantarkan orang-orang baik dari aktifis Islam ke puncak kekuasaan. Sementara yang  diinginkan oleh Islam adalah bagaimana menjadikan kekuasaan itu untuk menerapkan syariah Islam secara totalitas.  “Masalahnya adalah bukan kemenangan orang-orang baik, melainkan kemenangan proyek Islam,” tegasnya dalam wawancara dengan radio al-Rabi’ah dan Mawwal.

Jabari memperingatkan akan intrik dan tipu daya Barat yang bertujuan untuk memalingkan tujuan revolusi.  Antara lain, mewaspadai tipuan Barat melalui proyek negara sipil dan demokrasi yang intinya adalah negara sekuler yang  tidak menerapkan syariah Islam. Menurutnya, itu bukanlah kemenangan.  “Kemenangan sesungguhnya adalah sampainya Islam pada kekuasaan, bukan sampainya kelompok Islamis ke puncak kekuasaan,” tegasnya.

Jabari juga terkejut  dengan pernyataan Mursi yang menegaskan bahwa ia akan berkomitmen untuk menghormati  kesepakatan “damai” dengan Yahudi yang melegalkan pendudukan atas Palestina.

Presiden Mursi  memang berusaha keras meyakinkan kalangan liberal dan minoritas untuk tidak khawatir dengan presiden yang berhaluan Islam tersebut seperti dijelaskan oleh wartawan di Kairo, Musthafa Abdul Rahman.(BBC; 25/06)

“Sebelum ini memang ada kekhawatiran bahwa Muhammad Mursi yang berasal dari Ikhwanul Muslimin menjadikan Mesir sebagai negara agama. Tetapi semua masyarakat dunia melihat sambutan Muhammad Mursi tadi malam dan sama sekali tidak menyinggung masalah negara agama atau isu-isu yang dikhawatirkan selama ini,” kata Musthafa Abdul Rahman.

Gehad el Haddad , penasihat Ikhwanul Muslimun dalam Hard Talk (BBC;25/06) menekankan hukum tidak akan pernah digunakan untuk memaksakan agama. “Mesir adalah negara sipil, bukan negara agama,” ujarnya.

Posisi Muhammad Mursi  memang tidak mudah. Sebagai presiden baru, Mursi mengalami tekanan hebat dari kekuatan militer yang masih tunduk kepada asing. Berkompromi dengan militer mungkin jalan yang aman, namun hal itu berarti akan mendistorsi idealisme al Ikhwan.

Tentu sangat disayangkan kalau al Ikhwan memilih jalan kompromi meskipun harus bertentangan dengan ajaran syariah Islam.  Seperti tampak dari keingingan Mursi untuk mengangkat tokoh perempuan yang beragama Kristen mendampinginya sebagai wakil presiden.

Penasihat politik Mursi, Ahmed al-Deif, mengatakan, pengangkatan seorang tokoh perempuan untuk menduduki jabatan puncak di Mesir baru pertama kali ini akan terjadi. “Untuk pertama kalinya dalam sejarah Mesir, seorang perempuan akan mengambil posisi tersebut,” kata Deif sebagaimana dikutip CNN.

Kecendrungan kompromi juga terlihat dari penolakan pembentukan negara Islam. Seperti yang dinyatakan oleh Al-Deif, Mursi dan partainya tidak akan membentuk negara Islam di Mesir. Sikap Mursi, kata dia, sangat tegas dalam hal ini. “Dia telah memberi jaminan akan memilih negara konstitusional sipil yang berdasarkan pada prinsip menghormati perbedaan suku, keyakinan, dan agama,” katanya.

Bisa jadi tekanan militer  yang kuat membuat Mursi  berjanji untuk mempertahankan perjanjian internasional termasuk hubungan damai dengan  Israel berdasarkan perjanjian Camp David. Bagi militer  mempertahankan hubungan dengan Israel  adalah penting, mengingat hal itu menjadi syarat bagi bantuan Amerika sebesar 1,3 milyar US dolar setiap tahun. Dan sebagian besar dana ini masuk ke kantong-kantong pejabat militer Mesir.

Sejak masa Husni Mubarak berkuasa, militer memang anak emas untuk mempertahankan kekuasaan sekuler.  Banyak hal yang berkaitan dengan militer dirahasiakan, mereka juga sangat jarang diawasi. Banyak petinggi militer  memiliki rumah-rumah mewah di Mediterania, kendaraan-kendaraan, liburan, makanan yang diproduksi di peternakan militer yang semuanya gratis dan gaji tinggi pada posisi-posisi usaha bisnis milik militer pada saat pensiun. Bujukan uang ini  membuat hingga saat ini militer Mesir sangat patuh kepada Amerika.

Negara Islam dan hubungan Mesir-Israel selama ini memang menjadi isu penting dalam politik Mesir.   Negara-negara Barat sangat khawatir  menguatnya pengaruh kelompok Islam. Mereka khawatir Mesir menjadi negara Islam yang menerapkan syariah Islam  secara totalitas.

Berdirinya negara Islam atau Khilafah tentu di Mesir akan memberikan pengaruh regional maupun internasional yang sangat kuat. Khilafah akan menyatukan negeri-negeri Islam di kawasan Timur Tengah dan dunia. Tegaknya khilafah akan menghentikan penjajahan Barat di kawasan itu dan menggeser rezim-rezim boneka pro Barat.  Barat semakin khawatir mengingat seruan-seruan penegakan Khilafah semakin menguat di Timur Tengah.

Berdirinya negara Khilafah akan mengancam keberadaan Zionis Israel di Palestina. Karena itu Barat  berusaha keras dengan berbagai cara untuk menjamin perubahan di Mesir tidak akan mengarah kepada pembentukan Khilafah Islam.

Selama kiblat militer Mesir belum berubah, kemenangan Mursi menjadi kemenangan semu, karena tetap dibawah bayang-bayang dan kontrol kekuasaan militer. Mereka akan memosisikan diri sebagai penjaga sekulerisme Mesir.

Militer Mesir akan siap melakukan apapun termasuk kudeta, kalau kepentingan sekulerisme terancam terutama dengan penegakan Khilafah dan syariah Islam. Walhasil tanpa khilafah , tidak ada perubahan yang mendasar dan Islami di Mesir sekarang ini. (FW dari berbagai sumber)

Box : Nasihat Hizbut Tahrir Kepada Presiden Mursi

Bertakwalah kepada Allah sehingga Anda kembali dari menyerukan negara sipil demokrasi yang sekuler pemikiran, manhaj dan identitasnya. Rujuk (kembali) kepada kebenaran itu memiliki fadhilah (keutamaan). Hal itu supaya Anda tidak merugi kehilangan dunia seluruhnya setelah Anda rugi kehilangan sebagian besarnya karena Dewan Militer memotong sayap-sayap Anda dan melucuti wewenang Anda … Juga supaya Anda tidak merugi kehilangan akhirat karena Anda menyenangkan Amerika dan Barat dengan pernyataan negara sipil demokrasi, dan sebaliknya membuat murka Rabbnya Amerika dan Barat dengan duduk dari penegakan al-Khilafah dan penerapan syariah Allah SWT …

Tidak diragukan lagi bahwa Anda membaca hadits Rasulullah SAW: Siapa saja yang mencari keridhaan manusia dengan kemurkaan Allah maka Allah menyerahkannya kepada manusia, dan siapa saja yang membuat manusia marah dengan keridhaan Allah maka Allah mencukupkannya dari bantuan manusia (HR at-Tirmidzi dan Abu Nu’aim di al-Hilyah dari Aisyah ra)

Sungguh ini adalah nasihat yang tulus ikhlas karena Allah SWT. Kami tidak menginginkan dari Anda balasan ataupun ucapan terima kasih atasnya, kecuali sebagai pencegahan kegembiraan kaum kuffar beserta antek-antek mereka dan semua musuh-musuh Islam dengan kesengsaraan kaum Muslim ketika mereka tertawa lebar mendengar bahwa proyek mereka dalam negara sipil demokrasi telah diserukan oleh kaum Muslim, al-Ikhwan al-Muslimun. Dan innâ lillâhi wa innâ ilayhi râji’ûn -sesungguhnya kita adalah milik Allah dan kepada-Nyalah kita pasti kembali-.(sumber: nasyroh HT 5 Sya’ban 1433 H/25 Juni 2012)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: