Imam Muslim di Amerika Pimpin Perjuangan Lawan Inggris


Diperkirakan sekitar 50 persen budak atau tidak kurang dari 200 ribu jiwa budak yang didatangkan berasal dari daerah-daerah yang dipengaruhi oleh Islam.

Dokumen Kongres Amerika Serikat mempublikasi seorang imam Muslim memimpin “pemberontakan” melawan Inggris di wilayah Amerika Serikat, dua abad yang lalu. Dokumen ini menggambarkan jejak Muslim di Amerika Serikat.

Dokumen Amerika di perpustakaan Kongres, menceritakan seorang Imam Muslim bernama “Ibnu Ali Muhammad” atau “Bilali Muhammad” dikumpulkan bersama dengan para budak dari Guinea ke Pulau Sapelo dekat pantai negara bagian Georgia, pada tahun 1803.

Ia memimpin sekitar 80 budak Muslim yang bekerja di peternakan di Georgia. Selama perang tahun 1812, Bilal mampu memimpin anak buahnya untuk mengusir serangan pasukan Inggris di pulau tersebut.

Dalam dokumen itu diketahui bahwa Bilali rajib berpuasa Ramadlan, selalu memakai pakaian Muslim, dan setiap harinya melaksanakan shalat lima waktu. Pada tahun 1829 Bilali membuat manuskrip dalam bahasa Arab, yang dikenal dengan nama “ar-Risālah” ( pesan) tentang akidah Islam dan hukum-hukum fiqih. Dokumen ini sekarang disimpan di University of Georgia.

Sejarah Islam di Amerika Serikat bermula sekitar abad ke-16.  Estevanico dari Azamor adalah Muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Amerika Utara.Walau begitu, kebanyakan para peneliti di dalam mempelajari kedatangan Muslim di AS lebih memfokuskan pada kedatangan para imigran yang datang dari Timur Tengah pada akhir abad ke-19. 

Selama tahun 1520-an telah didatangkan budak ke Amerika Utara dari Afrika. Diperkirakan sekitar 500 ribu jiwa dikirim ke daerah ini atau 4,4 persen dari total 11.328.000 jiwa budak yang ada. Diperkirakan sekitar 50 persen budak atau tidak kurang dari 200 ribu jiwa budak yang didatangkan berasal dari daerah-daerah yang dipengaruhi oleh Islam.

Menurut sumber lain, kedatangan paling awal imigran Muslim adalah antara tahun 1875 dan 1912 dari kawasan pedesaan Suriah, Yordania, dan Palestina. Daerah ini dulunya dikenal sebagai Suriah Raya yang diperintah oleh kekhilafahan Utsmani. Setelah Kekhilafahan runtuh pada Perang Dunia Pertama, terjadi gelombang kedua imigrasi kaum Muslim dari Timur Tengah, di mana dalam periode ini pula dimulainya kolonialisme Barat di Timur Tengah.

Meningkat Tajam

Jumlah penduduk Muslim di Amerika Serikat meningkat tajam dalam satu dekade tarakhir. Jumlah umat Muslim di negeri Paman Sam itu mengalahkan jumlah warga Yahudi untuk kali pertama di sebagian besar Midwest.

Dalam sebuah sensus agama di AS yang digelar Asosiasi Statistik dari Badan Keagamaan Amerika, Selasa (1/5) waktu setempat, imbas dari meroketnya populasi warga Muslim AS membuat gereja-gereja di AS kehilangan jamaahnya dan sering kosong saat kegiatan agama.

Umat Muslim di AS naik menjadi 2,6 juta orang pada 2010, bertambah dua kali lipat lebih dari satu juta orang pada 2000 lalu. “Kenaikan tersebut karena derasnya arus imigrasi dan jumlah penduduk yang menjadi mualaf,” kata Dale Jones, peneliti yang terlibat dalam sensus asosiasi statistik untuk badan-badan agama di Amerika (ASARB) itu.

Dalam sensus itu, para peneliti mendata jumlah pemeluk dari 236 agama di negeri adidaya tersebut. Anggota keluarga dari pemeluk agama juga termasuk dalam data yang dihitung. Secara umum 55 persen warga AS masih beribadah secara teratur.

Meski demikian, sebagian besar survei yang pernah dilakukan menyebut sekitar 85 persen penduduk AS yang mengaku beragama, tidak beribadah secara teratur. Sementara 158 juta orang AS mengaku tidak memeluk agama apa pun alias ateis.

Dari sejumlah agama besar, Katolik menjadi agama yang kehilangan pemeluk terbanyak, berkurang sebanyak lima persen menjadi 58,9 juta jiwa selama satu dekade terakhir. “Katolik mengalami pengurangan jumlah pemeluk paling banyak,” ujar Jones sembari menyebut Maine, tempat terjadinya kasus pelecehan anak oleh pastor. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: